[Update] Kelas Blogger SEO untuk WordPress dan Blogspot | kelas chrome – Verified

kelas chrome: Here’s a put up associated to this subject.

Kelas blogger yang saya ikutin kali ini khusus bahas Web optimization aja, jadi lebih cocok untuk bloggers yang sudah bisa nulis konten tapi susah bikin blogpost-nya terekspos di halaman pertama search engine.

Banyak temen saya yang buka kelas blogger. Kebanyakan isinya seputar mendaftar ke platform weblog, bikin konten, sampai share link-nya ke sosial media.

Tapi saya kurang cocok sama kursusnya itu, soalnya kebanyakan isinya ya cuman di permukaan doang, kurang dalem. Paling ya kayak superfisial aja kayak sekilas tentang Web optimization di discussion board Highway Weblog Surabaya dulu. Selera saya memang yang dalem-dalem sih, misalnya ya kursus digital advertising gitu lah.

Saya sendiri juga beberapa kali buka kelas on-line untuk weblog lho. Tentu saja isinya bukan cara mendaftar ke platform weblog, tapi saya ngajar yang lebih dalem, yaitu soal riset kata kunci.

Ketika tersiar kabar bahwa kolega saya, Punto Wicaksono, mau membuka kelas blogger lagi di komunitas BRT Community, saya langsung mendaftar ikut.

Soalnya gini lho, kebetulan kan saya ikut suatu discussion board blogger yang penduduknya kebanyakan adalah om-om pecandu Web optimization dan Adsense. Nah, Mas Punto cukup populer sering kasih enter di sana. Sehingga kalau sampai dos-q bikin kursus gini, saya duga bahwa kursusnya bakalan berat sama materi Web optimization.

Akhirnya jadilah, saya masuk Kelas BRT batch Desember.

Terakhir kali BRT Community buka kursus pendek adalah 6 bulan yang lalu.

Kelas Blogger di BRT

Kelas weblog ini isinya 90-100 orang blogger. (Saya lupa jumlah persisnya.) Diadain dalam sebuah grup WhatsApp.

Pengajar-pengajarnya sebetulnya masih kawan-kawan saya sendiri yang sesama blogger. Selain Mas Punto, juga ada Mbak Monica Anggen, Marita Ningtyas, Priyo Harjiyono, Gilang Maulani, dan Zen.

Waktu saya masuk ke grupnya, ternyata cuman 25% bloggernya yang saya kenal. Sisanya, saya baru denger namanya di situ.

Katanya sih, kursus ini mau berjalan sebulan (hari ini baru berjalan seminggu). Tiap materi akan dibagikan di grup WhatsApp. Setiap 3-4 hari sekali, semua peserta akan dikasih PR dan dievaluasi. Kalau PR-nya salah dikerjain, orangnya akan dikeluarkan dari discussion board dan nggak boleh ikut materi selanjutnya.

Niat saya masuk ke discussion board ini adalah buat pengayaan aja, kali-kali aja ada ilmu pengetahuan baru yang belum saya denger sebelumnya.

Kelas blogger yang saya ikuti melalui Whatspp. Yang ikutan itu banyak sekali.

Apa Isi Kelas Blogger BRT Ini?

Sampai saya ngetik artikel ini, sejauh ini saya udah dapet materi:

  1. Cara memeriksa apakah struktur weblog kita sudah memenuhi indikator Web optimization atau belum, dan bagaimana mengatasinya kalau ternyata belum,
  2. Paramater Web optimization On Web page pada artikel,
  3. Cara memeriksa performa weblog kita pada Google Analytics dan Google Search Console.

Masih ada materi lain yang menunggu, dan saat ini saya masih nungguin jadwal materi berikutnya.

Kata Bu Fuatuttaqwiyah El-Adiba, temen saya yang juga ikut discussion board ini, “Kelas BRT membuat saya belajar banyak. Selama ini, saya ngeblog, sekedar ngeblog. Ternyata banyak printilannya. Walau (pun biaya) kelas gratis, dibutuhkan effort yang luar biasa agar tidak kedepak dari grup.”

Sodara-sodara, kamu baru akan ngerti maksud Ibu Fu ini setelah baca cerita saya berikut.

Ketika Materi Kelas Weblog Mulai Berjalan

Alkisah terjadilah Mas Priyo memberikan materi pertama, yaitu tentang cara menginspeksi indikator Web optimization pada web site. Menggunakan device yang dia pakai, yaitu suatu extension pada Google Chrome.

Saya coba praktekin ke weblog saya ini. Waktu itu kedapatan punya indikator yang salah di bagian heading karena heading-nya loncat-loncat. Saya cuek aja, lha wong itu heading-nya loncat-loncat karena dari desain template (theme)-nya memang udah loncat-loncat kok. 

Xem Thêm  [Update] "Koneksi Anda tidak pribadi" kesalahan [Perbaiki] | koneksi anda tidak pribadi - Verified

Tapi ternyata, PR buat pesertanya adalah membenahi indikator Web optimization pada weblog masing-masing memakai extension-nya Priyo tadi.

Saya garuk-garuk kepala. Gimana coba caranya mbenahin? Kan indikator Web optimization-nya salah itu lantaran salah template-nya. 

Tapi ternyata justru itu maksud PR-nya. Kami para peserta tuh memang akhirnya disuruh ngoprek theme!

Kami seisi ruangan on-line itu langsung blingsatan. Wong kita semua sama sekali nggak tahu caranya ngurusin template yang udah kita dapet dalam keadaan udah jadi itu. Lagian kalau theme-nya salah ngoprek, apa nggak lantas buyar tuh weblog?

Temen-temen sekelas saya yang pakai Blogspot, diberi jalan dengan cara ngedit HTML.

Namanya juga pemula, banyak yang ketakutan ngoprek template. Perlu memelototin laptop computer dengan konsen penuh. Di sinilah saya mulai ngerti, kenapa banyak yang bilang bahwa kelasnya Mas Punto itu susah banget.

Temen saya, Lintang Gemilang, sampai berkata, “Menurut saya, sebelum mengikuti kelas BRT, harus bisa mengukur kapasitas diri lebih dulu. Kira-kira sanggup ngga? Karena kelas BRT tidak mengenal istilah mom friendly, jadi memang harus siap dengan segala konsekuensinya bagaimana kita memilih prioritas.”

Kalau warga Blogspot disuruh ngoprek theme dengan ngedit kode HTML, beda lagi dengan saya yang warga WordPress. Saya baru ngeh bahwa cara ngoprek template WordPress itu cuman dua macem: Edit file CSS, atau edit file template di Management Panel. 

WordPress melarang keras blogger-nya buat edit file CSS. Maka jadilah saya masuk ke teritori yang saya takutkan: Masuk ke Management Panel dan mengedit file yang berekstensi PHP itu.

Tentu saja saya nggak tahu caranya ngedit file PHP. Saya kan dokter, bukan informatician! Tapi Mas Priyo selaku mentor terus mensugesti saya untuk masuk web site Management Panel, masuk folder File Supervisor, mengetik wp-content di dalam kolom Search, menemukan folder Inc, lalu masuk ke folder Widget, dan akhirnya ketemu file widget.php.

Lalu saya kudu mengeditnya. Meneliti baris demi baris, mencari tahu mana baris yang seharusnya ditulisi kode h2 tetapi malah tersubstitusi menjadi h3. Ketemu! Lalu tekan Save.

Kemudian balik ke dashboard weblog lagi. Ngecek menu theme editor. Bener, tag h3-nya udah ganti jadi h2. Lalu ngecek di extension inspektor Web optimization lagi. Dan.. eng ing eng.. heading-nya masih loncat-loncat kayak bajing!

Setelah saya nangis di depan laptop computer, dengan dua lembar koyo tertancap di punggung dan beberapa oles salep analgesik di pundak, saya akhirnya nerima kenyataan dan lapor pakai sejumlah screenshot berisi kode CSS ke discussion board. Template weblog saya ternyata nggak mau dioprek, dan emang nggak Web optimization pleasant!

Akhirnya saya tumbang setelah ngoprek template di kelas blogger.

Pengorbanan di Kelas Blogger

Ganti Template

Persoalannya adalah, syarat supaya bisa lanjut ke pelajaran berikutnya, saya harus mastiin bahwa struktur headings di homepage weblog saya itu nggak loncat-loncat.

Demi menuruti syarat itu, akhirnya saya ngalah, dan coba ganti template. Tapi mau template mana, lha nyari template yang beneran Web optimization pleasant, bukan cuman ngaku-ngaku doang, ternyata kayak nyari jarum di antara jerami.

Seharian saya nyoba-nyoba theme lain sambil ngecek extension inspektor Web optimization, tapi nggak ada yang pas. Templates yang dipromoin WordPress itu loncat-loncat semua headings-nya!

Mas Punto bahkan ngasih template berlisensi juga. Sayangnya setelah coba saya add ke WordPress saya, nggak bisa saya pakai karena file-nya nggak appropriate.

Akhirnya, template terakhir yang saya coba bukan ala saya banget. Plain, mannequin journal, membosankan. Lalu saya coba pasang. Dan saya tertegun.

Xem Thêm  Apa Itu Windows 10 Bertemu Sekarang dan Cara Menghapusnya - bertemu sekarang

Extension inspeksi Web optimization menunjukkan bahwa indikator Web optimization yang nampak salah pada templates sebelumnya, kini nampak benar. Headings weblog saya nggak loncat-loncat lagi. Ternyata template yang baru ini Web optimization-friendly! (Dan itu pertanda saya berhasil ngerjain PR di kelas ini.)

Saya pikir, ah, mosok cuman gegara ganti template doang, lantas blognya jadi Web optimization pleasant sih? Kayaknya nggak segitunya deh template membuat artikel-artikel saya jadi gampang naik rating di search engine. Saya diemin dulu, karena saya muak ngerjain PR njelimet ini.

12 jam setelah ganti template itu, saya lihat Google Search Console. Dan, saya tertegun lagi.

Kemaren-kemaren, weblog saya tuh paling-paling cuman berhasil menaruh artikel-artikelnya di rerata urutan ke-22 halaman Search End result, alias di halaman 3. Tapi hari ini, setelah ganti template, Search Console nunjukin bahwa artikel-artikel saya masuk ke urutan rerata ke-18, alias di halaman 2.

Jadi, ternyata setelah ngerjain PR di kursusnya BRT ini, saya berhasil naikin rating artikel-artikel saya di search engine Google! Jangan-jangan, sebelumnya ini artikel-artikel saya udah Web optimization pleasant, tapi struktur web site weblog saya belum Web optimization pleasant karena disabotase oleh desain template yang saya pakai..

Abis gimana ya? Saya pakai template itu udah lima tahun. Dulu saya pilih template itu karena seneng aja lihat modelnya. Dan dengan template itu, weblog saya mendulang banyak pageviews selama bertahun-tahun. Yah, itulah namanya terjebak dalam zona nyaman ngeblog.

Tapi, keberhasilan itu bukan tanpa pengorbanan. Karena gegara harus ganti template ini, saya jadi terpaksa berduka lantaran beberapa script penting yang tertanam dahulu itu jadi ilang. Scripts yang ilang ini antara lain script buat masang function Associated Posts. Padahal script ini penting buat bikin inner hyperlink secara otomatis dari masing-masing artikel.

Pasang Plugin Baru, Gegara PR Kelas Blogger

Alhasil terpaksa lah saya nyari plugin Associated Posts baru. Nyari plugin ini nggak gampang juga, sebab ternyata nggak semua plugin itu cocok sama versi WordPress saya.

Akhirnya ketemu sih plugin buat masangin Associated Posts yang cocok sama saya tuh. Ada thumbnail-nya, jadi lumayanlah buat dijadiin teaser. Cuman, artikel dalam Associated Posts-nya kudu dipasangin satu per satu, karena robotnya masih sering salah mengenali artikel yang mirip-mirip. Ya ampun, PR banget ini..

Gegara kelas blogger dari BRT ini, saya jadi harus mengoprek template dari management panel

Menelan Analgesik

Bahkan membaca chats murid-murid di kelas itu membuat saya bolak-balik pingin nenggak parasetamol. Lha gimana, tiap orang punya kasus template sendiri-sendiri, eman juga kalau solusinya nggak dicatet. 

Mungkin lantaran kelas ini digelarnya di WhatsApp Group. Jadi memang beda suasana komunikasinya dari kelas-kelas on-line yang biasa saya datengin, kayak kursus bahasa Inggris di Google Meet dulu atau ketika saya ambil kursus skilled expertise di Zoom. Kalau kelas di WhatsApp gini chatting-nya tuh.. serabutan.

Lintang aja sampai bilang, “Sebelumnya pernah mengikuti kelas BRT dan memang seru banget karena memacu adrenalin dengan berbagai tantangan yang diberikan. Kalau sudah memutuskan ikut, yah harus siap dengan badai chat di grup. Sesama teman harus saling berbagi ilmu.“

Setelah saya mendengar selorohan mentor kelas blogger-nya, bahwa template journal itu memang jarang Web optimization pleasant, akhirnya saya memilih ganti gaya template supaya saya bisa lulus ke pelajaran berikutnya.
Anak saya seneng banget lihat saya nggak nangis lagi.

Tapi yang jelas, sungguh makasih buat Mas Priyo, mentor yang mau ikutan repot ngejajal template saya, dan akhirnya memvalidasi kecurigaan saya bahwa template lama saya yang mannequin journal itu nggak bener semua struktur website-nya. Ini kalo Mas Priyo nggak ikutan bersemangat ngejajal template saya yang bandel nggak mau dioprek itu, kayaknya saya udah kehilangan motivasi deh di kursus ini.

Xem Thêm  How To Use GCash 2022: An Ultimate Guide - g chas garena

Jadi inget kata Lintang, “Coach-nya aja bener-bener totalitas kalau memberi materi dan mengajari. Kita akan dikawal terus sampai mana progress-nya.”

Bu Fu pun sependapat. “Para coach (dengan) sabar mengajari peserta. Salut dengan kesabaran mereka.”

Saya masih berencana mau ganti template lagi. Pingin balik ke gaya journal dulu, tapi lain kali saya kudu cari template mannequin journal yang indikator Web optimization-nya bener semua.

Kursusnya BRT ini belum selesai lho. Sekarang ini saya nyiapin rumah sampai tiga minggu ke depan supaya saya bisa konsen ngerjain PR-PR berikutnya yang nanti diberikan. Sebab ngerjain PR macam ngoprek template itu bener-bener nguras tenaga, emosi, dan.. persediaan koyo!

Makna Kelas Weblog BRT buat Saya

Memang banyak banget pengetahuan baru yang saya dapetin di kelas BRT ini, meskipun memang kudu saya bayar dengan nangis lantaran kecapekan merombak template. Alhamdulillah, saya diterima di sini, dan alhamdulillah saya masih bisa lanjut kursusnya.

Saya sibuk mengelus-ngelus diri sendiri. Saya udah ngeblog 16 tahun lho (sudah saya ceritain kan dulu waktu di perayaan Hari Blogger), tapi saya masih merasa kurang banget. Saya inget kemaren-kemaren hampir mau nyerah karena dikerjain template, dan saya langsung merasa tua karena kewalahan.

Tapi, ketika saya ngeliat muka saya di depan cermin, saya melihat bayangan saya berkata, “Ayolah, Vic, orang jompo cepet meninggal karena tidak mau belajar olahraga, mosok kamu juga nggak mau lanjut belajar ngeblognya sih? Bukankah belajar terus membuatmu tetap muda?”

Dan kalimat terakhir itulah yang bikin saya tetap bertahan membaca diskusi-diskusi di kelas BRT yang njelimet itu.

Saya bakalan bagi-bagi selentingan pengetahuan yang saya dapat di kelas blogger ini ya, di Instastory saya @vickylaurentina. Kalau kamu adalah blogger dan kebetulan punya downside tentang Web optimization juga, coba tulisin deh problemnya di kolom komentar bawah, kali-kali saya bisa bantu


TUTORIAL PENDAFTARAN AKUN LTMPT 2022


Tidak perlu terburuburu mendaftar, yang perlu dipastikan ialah mendaftar dengan benar dan tepat. Kebiasaan hari pertama biasanya server penuh. Jadi pantau dulu baru cus mendaftar.
Bagi yang ingin terus help channel ini, kalian bisa donasi di hyperlink berikut :
https://www.youtube.com/channel/UCAXHHRLirWgBC3MuRzadDZw/join

Along with this text You can too see different helpful data. Many extra we offer right here: See more

Materi INFORMATIKA Kelas 9 – Net Browser


Video materi INFORMATIKA (TIK) untuk Kelas 9 MTs/SMP Bab 1 tentang Net Browser (Peramban Net)
_________________________________________
http://www.pakzen.net/
https://www.instagram.com/pak_zen/
https://www.facebook.com/pakzenblitar/
https://wa.me/6281331651188

Materi INFORMATIKA Kelas 9 - Web Browser

Goggle/Kacamata Motocross : 100Ribu Vs 1juta


goggle kacamata fox
DP Planet Motor : 081233330202
Sebelumnya saya minta ma’af atas kwalitas vidio ,audio maupun tatabicara saya yg kurang sopan atau gimana, saya usahakan bakal saya berbaiki, terimakasih sudah mau melihat video saya
Jangan Lupa Subscribe, Komentar dan Suka, Terimakasih Sudah mendukung saya, smoga menjadi berkah dan kebahagiaan buat anda semua, amin
? Subscribe: https://www.youtube.com/fianmuh
? Instagram: https://www.instagram.com/fianmuhd/?hl=id
hardenduro trabas dirtbike klx crf
Salam Satu Jalur Indonesia, Salim Wolak Walik

Goggle/Kacamata Motocross : 100Ribu Vs 1juta

Kelas 5: Pertemuan #4 – Semester 1


Kelas 5: Pertemuan #4 - Semester 1

Menjelajah web kelas 5AB


Menjelajah internet kelas 5AB

Along with this text You can too see different helpful data. Many extra we offer right here: See more articles in the category.teknologi/

Thanks for viewing the put up. kelas chrome

Leave a Reply