Apa itu OLED… QLED… Mini-LED… MicroLED… Apa itu LED? Mari kita lihat teknologi ini dan apa kegunaannya. Ini semua adalah bentuk LED (Light Emitting Diode), yang digunakan dalam tampilan elektronik yang terdapat di televisi, monitor komputer, smartphone, dan layar di perangkat lain.

Anda sedang menonton: apa itu oled

Apa LED itu? OLED, QLED, Mini-LED, MicroLED

Apa itu OLEDQLEDMini-LEDMicroLED … Apa itu LED? Mari kita lihat teknologi ini dan apa kegunaannya. Ini semua adalah bentuk LED (Light Emitting Diode) , yang digunakan dalam tampilan elektronik yang terdapat di televisi, monitor komputer, smartphone, dan layar di perangkat lain. LED adalah bagian dari panel layar yang memberikan penerangan untuk layar LCD. Inilah yang kami temukan di layar smartphone unggulan, perangkat TV premium, dan monitor resolusi tinggi.

Sirkuit dioda dasar.

LED berasal dari komponen semikonduktor elektronik yang memancarkan cahaya ketika arus melewatinya. Ini bekerja berdasarkan prinsip Electroluminescence (EL), ketika material memancarkan cahaya di hadapan arus listrik atau medan magnet yang kuat. LED, yang pada dasarnya adalah dioda , memungkinkan listrik mengalir hanya dalam satu arah melalui semikonduktor. Ketika elektron mengalir melalui persimpangan semikonduktor, foton dilepaskan yang memberi kita cahaya. Dari komponen inilah OLED dan produk berbasis LED lainnya dibuat untuk tampilan elektronik.

Simbol dioda. Ini adalah komponen elektronik yang hanya memungkinkan arus listrik mengalir dalam satu arah melalui semikonduktor. Aliran elektron dari satu lapisan untuk mengisi “lubang” di lapisan lain menggairahkan molekul dan menyebabkan pelepasan foton yang kita anggap sebagai cahaya.

Secara tradisional, LED digunakan untuk tampilan LCD (Liquid Crystal Display) dengan lampu latar . LCD tidak mengeluarkan cahaya, sehingga membutuhkan reflektor atau lampu latar. LED telah terbukti menjadi pilihan terbaik untuk layar LCD (misalnya Monitor Apple).

OLED

The OLED (Organic LED) dibangun dari lapisan electroluminescent yang terdiri dari senyawa organik yang memancarkan cahaya dalam menanggapi arus listrik. Lapisan organik ini berada di antara dua elektroda di dalam substrat.

Ada 2 jenis OLED yang ingin saya bahas yaitu Passive Matrix OLED (PMOLED) dan Active Matrix OLED (AMOLED). Dalam PMOLED, layar dikontrol secara berurutan menggunakan skema pengalamatan matriks yang berarti bahwa hanya sinyal kontrol m + n yang diperlukan untuk menangani tampilan m × n . AMOLED menggunakan bidang belakang TFT (Thin Film Transistor) yang dapat mengaktifkan dan menonaktifkan setiap piksel. Karena piksel individu tidak dapat dimanipulasi menggunakan PMOLED, AMOLED memiliki lebih banyak keuntungan untuk resolusi yang lebih tinggi dan layar berukuran lebih besar.

Xem Thêm  Saman Dance Aceh Indonesia - tari saman menggunakan pola lantai

Karena karakteristik pemancar cahayanya, panel berbasis OLED tidak memerlukan lampu latar. LED sebenarnya digunakan untuk layar LCD dengan cahaya latar, seperti pada panel IPS Apple untuk layar Retina LCD yang digunakan pada produk MacBook dan monitor mereka. OLED memiliki rasio kontras yang jauh lebih baik dalam hal menampilkan hitam paling hitam dan putih paling putih. Nada menunjukkan kualitas superior jika dibandingkan dengan jenis layar lainnya.

Karena OLED bersifat organik, masa pakainya menjadi pertanyaan. Sementara film OLED merah dan hijau memiliki masa hidup yang lebih lama (46.000 hingga 230.000 jam), bahan organik biru saat ini memiliki masa hidup yang jauh lebih pendek (hingga sekitar 14.000 jam). Pemancar cahaya biru tetap menjadi tantangan dalam hal umur panjang. Itu dapat menyebabkan masalah akurasi warna saat perangkat semakin tua.

IPhone 11 Pro Max menggunakan layar OLED (Sumber Apple)

QLED

Pemasaran Samsung bisa menyesatkan dengan QLED (Quantum Dot LED) . QLED tidak sama dengan OLED karena pada dasarnya adalah TV LCD dengan lampu latar LED. The Quantum Dots adalah nanopartikel kecil yang secara dramatis meningkatkan warna dan kecerahan panel LCD mereka tertanam dalam. Ini adalah teknik pintar dibandingkan dengan backlighting konvensional karena mencoba untuk mensimulasikan fitur OLED, dengan tidak kuat pixel dengan terlalu banyak cahaya.

Dalam QLED, matriks LCD berfungsi seperti daun jendela untuk mencegah cahaya merembes ke dalam warna. Ini menyaring cahaya untuk menciptakan warna pada layar. Ini adalah teknik rumit yang dikembangkan oleh produsen seperti Samsung untuk tampilan berkualitas tinggi. Ini bisa menjadi lebih cerah dalam beberapa implementasi, tetapi tidak mereproduksi rona terang dan gelap dengan cara yang sama seperti OLED. Meskipun demikian, QLED bagus dalam reproduksi warna, memberikan tampilan yang hidup pada gambar dan video pada layar.

Mengapa bahkan mempertimbangkan QLED saat Anda memiliki keunggulan pencitraan dengan OLED? Ini adalah pertanyaan yang rumit dan ada jawaban yang berbeda. Saya akan meringkasnya menjadi 3 poin berikut tentang alasan mempertimbangkan QLED: Ukuran, kecerahan, dan warna. OLED jauh lebih sulit untuk dibuat untuk ukuran layar yang lebih besar dan dalam hal kecerahan, QLED dapat menghasilkan lebih banyak cahaya daripada yang dapat dipancarkan oleh masing-masing piksel OLED. Lebih banyak kecerahan adalah keuntungan dari panel backlit seperti QLED. Keunggulan QLED lainnya adalah kualitas warna presisi yang telah disertifikasi 100% berdasarkan volume warna yang diukur dengan standar DCI-P3, oleh VDE Institute .

Xem Thêm  Cara Setting APN By U 4G Tercepat dan Paling Stabil - cara transfer pulsa tri ke xl

QLED TV 8K Q900R (Sumber Samsung)

Mini-LED

Mini-LED adalah jenis lampu latar lain yang digunakan untuk TV LCD. Mereka lebih kecil dari Quantum Dots, dan hampir pada level piksel. Mereka adalah bentuk lampu latar miniatur yang dikonfigurasi dalam zona Full Array Local Dimming (FALD). Mereka digunakan dengan QLED untuk memberikan kontrol lampu latar yang jauh lebih baik. Ini mengarah pada kualitas pencitraan yang lebih baik yang menurut beberapa orang sebanding dengan OLED .

Fitur Mini-LED memberikan peningkatan kontras dan kecerahan yang mirip dengan OLED. Seperti OLED, Mini-LED menggunakan teknik yang memungkinkan kontrol pada tingkat piksel. Hal ini memungkinkannya untuk mencapai tingkat hitam pekat yang dapat diberikan oleh layar OLED. OLED tidak memiliki lampu latar karena mampu memancarkan cahaya tampak sendiri. Mini-LED memancarkan cahaya, tetapi masih membutuhkan lapisan LCD untuk menerangi untuk mereproduksi warna.

LED Array Penuh ditempatkan di zona dan dapat diredupkan, inilah yang disebut Full Array Local Dimming (FALD). (Sumber Vizio)

MicroLED

MicroLED mirip dengan OLED karena memancarkan cahayanya sendiri, oleh karena itu tidak memerlukan lampu latar. MicroLED sebenarnya disebut-sebut lebih unggul dalam kualitas layar OLED. Mereka dapat memberikan lebih banyak kecerahan bersama dengan kontras yang lebih tinggi dan warna yang lebih kaya, menggabungkan fitur terbaik OLED dan LED dengan lampu latar.

MicroLED menggunakan ukuran terkecil di antara teknologi LED yang ada. (Sumber TrendForce)

MicroLED jauh lebih kecil dari Mini-LED. Ukuran dioda berada dalam urutan mikron, jadi ukurannya sepersejuta meter. Setiap MicroLED ditempatkan dalam satu piksel, sehingga mereka menerangi pada tingkat piksel. Karena lebih kecil, mereka juga lebih sulit dan lebih mahal untuk diproduksi, tetapi lebih banyak permintaan akan membawa skala ekonomi. MicroLED memberikan pencahayaan yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi daripada OLED, sehingga ideal untuk layar premium.

RINGKASAN

Meskipun OLED lebih umum digunakan untuk tampilan premium di smartphone, televisi, dan monitor, ada alternatif lain. QLED adalah teknologi layar Samsung yang memungkinkan ukuran layar lebih besar, masa pakai lebih lama dari OLED, tidak rentan terhadap burn-in layar, dan lebih banyak kecerahan.

Membandingkan ukuran LED standar, Mini-LED dan MicroLED.

Xem Thêm  [NEW] Solusi: Drive DVD hilang di Windows 10 | dvd rom tidak terdeteksi di device manager - Verified

Mini-LED mengoptimalkan tampilan QLED dengan mereproduksi warna dan kontras yang lebih baik, mirip dengan OLED. MicroLED sama seperti OLED, pada level piksel, tetapi memiliki dukungan yang jauh lebih baik untuk gambar resolusi tinggi dengan pencahayaan yang lebih baik. MicroLED mungkin sangat sukses OLED, tetapi sampai LED lain muncul, pasar akan penuh dengan pilihan bagi konsumen yang paling menuntut.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik apa itu oled

Layar OLED, Bagaimana cara kerjanya?

  • Penulis: Lesics Indonesian
  • Tanggal posting: 2022-03-04
  • Peringkat: 4 ⭐ ( 9880 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Jika kita membandingkan layar televisi LED dan OLED, cukup jelas bahwa LG OLED TV memiliki warna yang cerah dan kualitas reproduksi gambar yang lebih baik daripada yang lain. Jawaban atas perbedaan ini adalah teknologi display! TV LG berbasis pada teknologi display OLED paling canggih dan TV lainnya menggunakan teknologi IPS LCD. Mari kita pelajari secara terperinci tentang teknologi OLED.

Apa itu QD OLED? Teknologi Layar TV Terbaru

  • Penulis: www.brankaspedia.com
  • Peringkat: 3 ⭐ ( 8740 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pada kesempatan ini saya akan mengulas apa itu QD-OLED, bagaimana cara kerja layar TV QD-OLED, dan TV mana yang menggunakan teknologi ini?

Ini Beda Panel LCD, LED, dan OLED

  • Penulis: tekno.kompas.com
  • Peringkat: 3 ⭐ ( 3486 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Ketiganya sering menjadi pertimbangan utama saat akan membeli smartphone atau televisi. Tapi dimana letak perbedaanya?

Apa Itu Panel OLED? Simak Pengertian dan Kelebihannya!

  • Penulis: pemmzchannel.com
  • Peringkat: 5 ⭐ ( 7716 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Akhir tahun 2021 kita dibuat terpesona dengan hadirnya teknologi panel OLED di produk laptop. Apa aja sih kelebihannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini.

Apa itu TV OLED?

  • Penulis: www.panasonic.com
  • Peringkat: 3 ⭐ ( 5774 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Apa itu OLED? Di halaman ini, kita akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang TV OLED. Ini akan membantu Anda memilih TV OLED yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Layar OLED – Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Penulis: www.intutekno.com
  • Peringkat: 5 ⭐ ( 6422 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Tidak seperti LED, layar OLED mengandalkan bahan organik yang terbuat dari rantai hidrokarbon untuk memancarkan cahaya.

Apa itu Layar OLED dan Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Penulis: www.teknoiot.com
  • Peringkat: 3 ⭐ ( 7211 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Apa itu Layar OLED dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi