Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari konten video viral. 40 video teratas ini memberikan wawasan pemasar dan pelajaran praktis yang berguna.

Anda sedang menonton : vidio viral

Ini adalah iterasi kedua dari daftar Video Viral Terbaik Sepanjang Masa saya, dan saya tidak menyadari betapa menantangnya itu untuk mengunjungi kembali daftar ini.

Hanya dalam dua tahun, banyak yang berubah. Pesatnya peningkatan TikTok mendorong Instagram untuk memperkenalkan Reels pada Agustus 2020, misalnya. YouTube memperkenalkan Shorts di India pada September 2020, dan di AS pada Maret 2021.

Perhatian industri video digital kini tertuju pada video berdurasi pendek — yang berdurasi dari 15 detik hingga satu menit — alih-alih demografi penonton di platform video sosial ini.

Saat ini:

  • 25% pengguna TikTok adalah 10-19, 22,4% 20-29, dan 21,7% 30-39.
  • 22,9% pengguna Instagram berusia 18-24 tahun dan 31,5% berusia 25-34 tahun.
  • 77% pengguna YouTube berusia 15-25 tahun dan 77% berusia 26-35 tahun.

Selain itu, 72,6% basis pengguna YouTube adalah laki-laki, sedangkan 56,5% Instagram dan 61% basis pengguna TikTok adalah wanita.

Jadi, apakah Anda harus fokus pada platform yang disukai audiens target Anda atau konten yang sesuai dengan minat mereka?

Lanskap Video Viral Berubah

TV yang terhubung adalah layar dengan pertumbuhan tercepat di antara penonton YouTube pada tahun 2020.

Faktanya, Tara Walpert Levy baru-baru ini melaporkan bahwa lebih dari 120 juta orang Amerika streaming YouTube atau YouTube TV di layar TV mereka pada bulan Desember 2020.

Dan semakin banyak, orang memilih untuk menonton konten favorit mereka bersama orang lain.

Menurut Talk Shoppe, 57% orang Amerika mengatakan bahwa mereka menonton video YouTube di layar TV bersama orang lain. Jadi, layar baru ini bisa menjadi pengubah permainan yang lebih besar daripada kemunculan perangkat seluler satu dekade lalu.

Di sisi lain, beberapa perubahan lebih evolusioner.

Dua tahun lalu, 23 dari 25 video teratas dengan penayangan terbanyak sepanjang masa adalah video musik, dengan “Luis Fonsi – Despacito ft. Daddy Yankee” di bagian atas daftar dengan 6,1 miliar tampilan.

Hari ini, jika saya memilih 40 video teratas dengan penayangan terbanyak sepanjang masa, yang akan Anda lihat hanyalah daftar video YouTube yang berisi campuran konten anak-anak, seperti video Baby Shark ini dengan 8,8 miliar penayangan.

Saya masih berpikir bahwa “pandangan” bukanlah ukuran yang akurat dari “viralitas”, setidaknya tidak dengan sendirinya.

Misalnya, YouTube mengatakan “penayangan” dihitung saat seseorang menonton iklan video Anda selama 30 detik (atau sepanjang durasinya jika kurang dari 30 detik) atau berinteraksi dengan iklan, mana saja yang lebih dulu.

Facebook dan Instagram mengatakan “tampilan” dihitung setelah seseorang menonton hanya 3 detik video dengan durasi berapa pun.

Dan TikTok mengatakan “penayangan” dihitung segera setelah video mulai diputar di feed seseorang.

Itulah sebabnya Aliansi Pengukuran Video Global mengatakan, “Jumlah penayangan tidak berkurang lagi.”

Selain itu, tampilan dapat dibeli.

Sekarang, saya tidak berbicara tentang membeli penayangan secara ilegal dari pihak ketiga untuk meningkatkan jumlah penayangan Anda secara artifisial. Saya berbicara tentang menggunakan iklan untuk mempromosikan konten Anda.

Hei, opsi kedua ini sangat sah – faktanya, YouTube dan Facebook mendorongnya untuk memastikan audiens target Anda melihat video Anda.

Pada Juli 2006, 63 juta orang di seluruh dunia mengunjungi YouTube.com, menurut data comScore pertama yang dipublikasikan tentang situs berbagi video. Saat ini, lebih dari 2 miliar pengguna yang masuk mengunjungi YouTube setiap bulan.

Jadi, daftar video viral teratas “sepanjang masa” akan sangat dimiringkan untuk video yang diupload dalam beberapa tahun terakhir.

Itulah sebabnya daftar saya di bawah 40 video viral teratas sepanjang masa tidak termasuk konten anak-anak serta video musik label besar.

Daftar saya juga menggunakan keterlibatan – kombinasi suka, bagikan, dan komentar – serta penayangan untuk memastikan bahwa video telah “menjadi viral” dengan cara kuno: Mereka mendapatkannya.

Akhirnya, video pertama, “Saya di kebun binatang,” diterbitkan pada 29 Mei 2005.

Saya telah memilih itu sebagai titik awal saya dan kemudian memilih dua atau tiga video viral teratas dari setiap tahun-tahun berikutnya untuk memberikan gambaran kepada pembuat konten dan pemasar video tentang bagaimana proses “menjadi viral” telah bermutasi dari waktu ke waktu.

Semoga ini memberi Anda 40 pelajaran berguna, berharga, dan praktis yang dapat Anda terapkan bulan ini, minggu ini, atau besok dalam strategi pemasaran video Anda sendiri.

Tahun 1: 29 Mei 2005 sampai 28 Mei 2006

Salah satu video viral pertama yang membantu menempatkan YouTube di peta adalah Minggu Malas.

Diunggah pada bulan Desember 2005, itu adalah salinan bajakan dari drama komedi Saturday Night Live, The Chronicles of Narnia Rap.

Jadi, seberapa populer video ini?

Yah, David Itzkoff dari The New York Times melaporkan saat itu bahwa Lazy Sunday mengumpulkan 1,2 juta penayangan dalam 10 hari pertama.

Dan LeeAnn Prescott dari Hitwise melaporkan pada bulan Desember 2005 bahwa kunjungan ke YouTube telah melonjak 83% sejak video tersebut diunggah – dan telah melewati kunjungan ke Google Video. (Dan sisanya adalah sejarah.)

Pada akhir Januari 2006, Prescott melaporkan, “Sejak posting saya bulan lalu di YouTube dan rap SNL Chronicles of Narnia, YouTube terus mendapatkan pangsa pasar melawan situs pencarian video lainnya, dan sejak melampaui Google Video, juga melampaui Yahoo! Penelusuran Video.”

Kemudian, Lazy Sunday dihapus dari situs berbagi video pada Februari 2006.

Dalam sebuah postingan di blog YouTube, staf YouTube menjelaskan: “NBC baru-baru ini menghubungi YouTube dan meminta kami untuk menghapus video Lazy Sunday: Chronicles of Narnia dari Saturday Night Live.

Kami tahu betapa populernya video tersebut, tetapi YouTube menghormati hak pemegang hak cipta. Anda masih dapat menonton video Lazy Sunday SNL secara gratis di situs web NBC.”

Ironisnya, Saturday Night Live mengupload ulang Lazy Sunday ke channel YouTube pada Agustus 2013, tujuh setengah tahun setelah dihapus.

Mengapa mereka melakukan itu dan pelajaran apa yang dapat Anda ambil dari ini? Nah, pemilik hak cipta dapat memonetisasi videonya di YouTube.

Ya, mereka harus membagi pendapatan iklannya dengan YouTube. Namun, tampaknya masuk akal untuk berasumsi bahwa seseorang di NBC akhirnya mengetahui bahwa SNL dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan membiarkan pengiklan menjalankan iklan melawan Lazy Sunday di YouTube serta di situs web NBC daripada yang akan mereka dapatkan dengan terus menimbun konten video mereka sendiri. situs, yang mendapatkan lalu lintas jauh lebih sedikit.

Video lain yang menjadi viral di tahun pertama YouTube adalah Evolution of Dance. Diunggah oleh Judson Laipply pada April 2006, video ini memiliki 309 juta tampilan dan 1,6 juta keterlibatan, menurut data Tubular Labs.

Sekarang, video ini seharusnya memiliki lebih banyak penayangan dan interaksi, tetapi video ini diblokir di AS selama beberapa tahun dengan alasan hak cipta karena berisi konten dari Warner Music Group (WMG).

Jadi, mengapa mereka melakukan itu dan pelajaran apa yang bisa kamu petik darinya?

Yah, menggunakan sistem Content ID YouTube, pemilik hak cipta dapat memilih untuk memonetisasi video dan berbagi pendapatan dengan pengunggah. Atau, mereka dapat memblokir seluruh video agar tidak ditonton.

Jadi, WMG sepertinya tidak ingin berbagi squat dengan Laipply selama beberapa tahun.

Tapi, kemudian konglomerat label rekaman dan hiburan multinasional memutuskan bahwa ada pendapatan yang lebih baik daripada tidak sama sekali atau tiba-tiba mulai peduli dengan apa yang saya tulis dua tahun lalu ketika saya menemukan bahwa Evolution of Dance telah diblokir.

< p class="sadslots" id="SEJ_300x250_UnderPost_6_i">

Dalam kedua kasus tersebut, jangan berasumsi bahwa Anda dapat dengan bebas mencicipi lagu berdasarkan prinsip “penggunaan wajar”. Dan jika Anda ingin menyertakan beberapa musik atau efek suara dalam video Anda, tanpa harus menegosiasikan lisensi dengan setiap pemilik hak cipta, gunakan Pustaka Audio YouTube untuk menemukan trek audio berkualitas tinggi, yang bebas royalti.

Tahun 2: 29 Mei 2006 sampai 28 Mei 2007

Salah satu video viral teratas dari tahun kedua YouTube adalah Lagu Asli Chocolate Rain’ oleh Tay Zonday. Diunggah pada April 2007, video ini memiliki 130 juta tampilan dan 1,7 juta keterlibatan.

Ini latar belakangnya. Video tersebut awalnya diposting di 4chan.org, di mana gerakan Zonday yang bernafas dari mikrofon diejek dan banyak video parodi dibuat sebagai tanggapan.

Namun, Chocolate Rain tidak menjadi viral hingga Juli 2007, ketika YouTube secara bersamaan menampilkan semua video parodi dan tanggapan di halaman berandanya.

Oke, pelajaran apa yang bisa kita petik dari video viral ini dengan lirik dan penyampaiannya yang tidak biasa?

Yah, bahkan jika Anda diejek oleh pembuat tren yang ditunjuk sendiri, Anda masih bisa mendapatkan tawa terakhir ketika Anda diundang di Jimmy Kimmel Live dan kemudian melanjutkan untuk mendapatkan “dibayar dengan biaya yang besar dan kuat” ketika Anda video menjadi bagian dari kampanye promosi Cherry Chocolate Diet Dr. Pepper.

Salah satu video viral teratas lainnya dari tahun kedua YouTube adalah Charlie menggigit jari saya – lagi!

Diunggah pada Mei 2007, video ini ditonton 886 juta kali dan keterlibatan 2,7 juta.

Howard Davies-Carr, ayah Harry dan Charlie, tinggal di Inggris. Dia mengupload video tersebut ke YouTube agar dapat ditonton oleh kakek anak laki-laki tersebut, yang tinggal di AS.

Setelah secara tidak sengaja menjadi viral, dia memilih untuk memonetisasi video dengan mengizinkan iklan berjalan di sebelahnya. Pada tahun 2011, dilaporkan bahwa keluarga Davies-Carr telah memperoleh pendapatan iklan lebih dari £100.000 dari video tersebut.

Uang dari video viral itu cukup untuk memungkinkan keluarga tersebut membeli rumah baru.

Dan inilah pembaruan terbaru: NFT dari meme “Charlie bit me” baru saja dilelang pada 23 Mei 2021, seharga $760.999.

Jadi, video viral mungkin akan segera dihapus, yang akan “sangat menyakiti” siapa saja yang ingin belajar pelajaran dari sejarah lebih dari gigitan Charlie yang “sangat menyakiti” jari Harry.

Tahun 3: 29 Mei 2007 sampai 28 Mei 2008

Beberapa video kucing lucu menjadi viral selama tahun ketiga YouTube, membuat situs berbagi video tersebut memiliki reputasi yang tidak layak yang masih coba diatasi hingga saat ini.

Salah satunya adalah Kucing Keyboard Charlie Schmidt! – ASLI!

Video ini diunggah pada Juni 2007 dan memiliki 62,5 juta penayangan dan 1,1 juta keterlibatan.

Video ini menampilkan seekor kucing betina, yang tampaknya memainkan lagu di keyboard. Sekarang, jika dilihat dengan sendirinya, sangat tidak masuk akal.

Tetapi ketika editor teknis Brad O’Farrell menemukan rekaman itu dan meletakkannya di akhir video lain, itu menyebar seperti api.

“Mainkan dia, Keyboard Cat” menjadi cara untuk memberi sinyal bahwa sudah waktunya untuk menyelesaikannya setelah situasi yang canggung atau kesalahan besar.

Keyboard Cat mashup menambahkan sedikit absurditas pada situasi yang sudah tidak masuk akal, seperti seorang pria jatuh dari treadmill atau Miss Teen South Carolina mengacaukan geografinya.

Gabungkan hal itu dengan kegemaran Internet terhadap kucing, dan lahirlah kegilaan.

Namun, video lain dalam genre yang berbeda juga menjadi viral selama periode ini.

Ini termasuk LEAVE BRITNEY ALONE! oleh Chris Crocker, yang mendapatkan 50,7 juta penayangan dan 657.000 keterlibatan.

Video tersebut sekarang tidak tersedia karena Crocker menutup akun YouTube-nya pada September 2015.

Banyak orang salah mengira bahwa satu-satunya video yang menjadi viral adalah video yang menampilkan binatang, bayi, dan tarian. Nah, ini belum tentu benar.

Tahun 4: 29 Mei 2008 sampai 28 Mei 2009

Sekarang, saya menyadari bahwa contoh saya berikutnya menampilkan anak yang lucu, yang melemahkan pernyataan yang baru saja saya buat.

Namun demikian, David After Dentist masih layak dimasukkan dalam daftar video viral teratas saya sepanjang masa.

Diunggah pada bulan Januari 2009, video ini memiliki 140 juta tampilan dan 547.000 keterlibatan.

Dan apa latar belakangnya? Nah, David DeVore Sr. mengambil video putranya, David Jr., pada Mei 2008. Selama tujuh bulan berikutnya, dia hanya membagikan video itu kepada keluarga dan teman-temannya. Kemudian dia menguploadnya ke YouTube agar lebih mudah dibagikan.

David Sr. mengatakan, “Karena batasan yang dimiliki YouTube untuk jumlah email yang dapat Anda kirimi tautan untuk berbagi secara pribadi, saya memilih untuk menjadikannya publik dengan pemikiran bahwa tidak ada yang akan menganggapnya lucu seperti kami. Menunjukkan apa yang saya ketahui.”

Video tersebut menjadi viral dan keluarga DeVore segera diundang untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube, yang memungkinkan mereka untuk memonetisasi “David After Dentist”.

Menurut Time, “… itu terbayar: DeVores telah menghasilkan hampir cukup untuk menutupi pendidikan perguruan tinggi (akhirnya) David.”

Pelajaran apa yang diajarkan hal ini kepada pemasar?

Pertama, video potongan kehidupan bisa menjadi viral. Siapa yang tidak akan membagikan video yang menampilkan seorang anak yang bertanya, “Apakah ini kehidupan nyata?”

Kedua, jika YouTube mengundang Anda untuk menyertakan salah satu video Anda yang tak terlupakan ke dalam Program Video Individual, cukup katakan, “Ya.”

Sekarang, izinkan saya membagikan contoh hebat dari video viral dari tahun keempat YouTube yang tidak menyertakan kucing lucu, anak-anak imut, atau gerakan tarian tua:Susan Boyle – Penyanyi – Britain’s Got Talent 2009.

Diunggah pada April 2009, video ini telah ditonton 96 juta kali pada Agustus 2010, saat klip tersebut dihapus dari saluran Britain’s Got Talent karena klaim hak cipta oleh Alain Boublil Music Ltd.

Namun, masih ada salinan di YouTube. Ini termasuk Susan Boyle – Britains Got Talent 2009 Episode 1 – Sabtu 11 April | Kualitas Tinggi HD, yang memiliki 252 juta tampilan dan 1,1 juta keterlibatan.

Jadi, apa pelajaran dalam video viral yang menampilkan Susan Boyle?

Dr. Karen Nelson-Field melakukan penelitian yang ketat tentang topik ini di Institut Ilmu Pemasaran Ehrenberg-Bass University of South Australia. Dan dia memublikasikan temuannya di “Viral Marketing: The Science of Sharing.”

Nelson-Field melaporkan, “Saat sebuah video menyertakan kisah kreatif tentang kemenangan pribadi, video itu dibagikan lebih dari perangkat kreatif lainnya” (termasuk bayi/anak kecil, hewan, dan tarian/bernyanyi)…

Dia menambahkan, “Menariknya, meskipun merupakan perangkat kreatif yang lebih dapat diterapkan untuk memastikan kesuksesan berbagi, kemenangan pribadi jarang ditampilkan dalam konten video viral. Dalam sampel kami yang terdiri dari 800 video, itu muncul di kurang dari 3 persen dari semua video.”

Dia menyimpulkan, “Oleh karena itu, kemenangan pribadi mewakili peluang terbaik bagi pemasar.”

Tahun 5: 29 Mei 2009 sampai 28 Mei 2010

Di tahun kelima YouTube, salah satu video viral yang paling berkesan adalah JK Wedding Entrance Dance.

Diunggah pada Juli 2009, video ini ditonton 102 juta kali dan keterlibatan 510.000.

Oke, jadi video ini menampilkan tarian. Dan, yang berikutnya termasuk seorang pria di atas kuda, yang merupakan binatang.

Tentu saja, saya sedang membicarakan Bumbu Lama | Pria yang Bisa Dicium Pria Anda. Diunggah pada bulan Februari 2010, video tersebut memiliki 59,7 juta tampilan dan 261.000 keterlibatan.

Sekarang, mungkin saya tidak perlu menunjukkan yang sudah jelas, tapi video viral ini adalah sebuah iklan.

Bahkan, itu adalah bagian dari kampanye yang terdiri dari delapan video YouTube, yang menghasilkan total 98,7 juta penayangan dan 337.000 keterlibatan.

Dan kampanye itu untuk barang-barang kebersihan sehari-hari, jadi siapa yang mengira itu akan menjadi viral?

Tapi, bukan itu saja. Pada Juli 2010, Noreen O’Leary dan Todd Wasserman dari Adweek melaporkan bahwa penjualan bulanan Old Spice Body Wash telah meningkat 107% setelah kampanye.

Jadi, apakah ada pelajaran lain yang bisa diambil? Nah, video viral ini menampilkan “kepala yang berbicara”.

Itulah istilah menghina yang diberikan untuk iklan TV yang terdiri dari pedagang keliling yang memuji keunggulan suatu produk. Sekarang, banyak orang agensi berpendapat bahwa orang yang suka bicara bukanlah “kreatif”.

Namun, seperti yang dikatakan David Ogilvy dalam buku klasiknya, Ogilvy on Advertising, “Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda memberi tahu saya bahwa Anda menganggapnya ‘kreatif’. Saya ingin Anda menganggapnya sangat menarik bahwa Anda membeli produk.” Amin.

Tahun 6: 29 Mei 2010 sampai 28 Mei 2011

Video viral lainnya yang tidak menampilkan hewan, bayi, atau tarian adalah Lagu Pengganggu Ranjang!!!

Diunggah pada Juli 2010 oleh Schmoyoho, video tersebut telah dilihat 150 juta kali dan keterlibatan 1,3 juta.

Apa yang dapat dipelajari pemasar dari video yang paling banyak ditonton di tahun 2010? Nah, Gregory Brothers mengambil wawancara televisi unik yang diberikan Antoine Dodson setelah upaya penyerangan saudara perempuannya dan mengubahnya menjadi top-chart untuk Auto-Tune the News.

Video viral berikutnya menampilkan nyanyian. Ini Rebecca Black – Jumat.

Awalnya diunggah pada Maret 2011 ke saluran Ark Music Factory, versi tersebut mendapat lebih dari 166 juta penayangan sebelum dihapus dari YouTube pada Juni 2011 karena sengketa hukum antara ARK Music dan Black.

Namun, “versi resmi” yang diunggah ke saluran Rebecca pada September 2011 memiliki 153 juta penayangan dan 2,2 juta keterlibatan.

Jadi, apa latar belakang video ini? Yah, itu tidak menjadi viral pada bulan Maret sampai situs-situs seperti BuzzFeed dan Reddit mempostingnya sebagai “lagu terburuk yang pernah ada.”

Benar, lagu pop Rebecca Black menjadi viral hanya karena orang-orang mengolok-oloknya.

Tapi Jeremy Scott, salah satu pendiri CinemaSins, menganggap kita semua telah ditipu.

Pada bulan Maret 2011, ia menulis di Wawasan Tubular, “Kami telah diatur dan dimanipulasi – dimainkan seperti gitar bekas. Bukan oleh Black, ingatlah – saya tetap cukup yakin bahwa dia hanya anak berusia 13 tahun yang normal. Saya pikir dalang sebenarnya di sini adalah Ark Music Factory.”

Dia menambahkan, “Ark Music Factory adalah perusahaan yang memproduksi video tersebut, dan saya pikir mereka membuat semua ini terjadi. Untuk lebih jelasnya: Saya pikir mereka tahu lagu itu buruk… Saya pikir mereka tetap mengunggahnya… dan saya pikir mereka mulai menggunakan bookmark sosial dan situs media sosial untuk secara khusus mendapatkan beberapa penayangan video berdasarkan kualitasnya yang buruk.”

Sekarang, dia mengaku saat itu, “Saya tidak punya bukti… jelas. Tapi saya punya banyak tanda bahaya dan bukti tidak langsung.”

Ini termasuk:

  • Video tersebut awalnya ada di saluran Ark Music Factory, bukan milik Rebecca Black.
  • Video ini dipilih oleh Internet sebagai video yang diolok-olok pada hari yang sama.
  • Situs web Ark memiliki iklan spanduk untuk membeli lagu artis mereka di iTunes.
  • Orang sering memainkan situs yang dikuratori untuk tujuan pemasaran.

Jadi, pelajaran apa yang bisa kamu petik dari ini?

Ya, ada 5.542 parodi dan remix dari “Friday” Rebecca Black di YouTube dengan total 815 juta penayangan dan 9,8 juta keterlibatan.

Jadi, bahkan jika Anda skeptis terhadap teori Scott, Anda harus tetap mempertimbangkan kesimpulannya dengan hati-hati: “Pepatah bahwa ‘tidak ada publisitas yang buruk’ tidak pernah lebih benar daripada sekarang… Jika Anda berpikir pemasaran perusahaan tidak cukup cerdas untuk mengetahui hal itu dan berusaha memanfaatkannya – bahkan sampai mengejek hal yang mereka promosikan – maka Anda cukup naif.”

Tahun 7: 29 Mei 2011 hingga 28 Mei 2012

Sekarang, video viral berikutnya dari tahun ketujuh YouTube dibuat oleh organisasi nirlaba yang kurang dikenal. Ini KONY 2012.

Diunggah pada Maret 2012, video ini memiliki 103 juta tampilan dan 1,8 juta keterlibatan. (Video ini dikenai pembatasan usia dan hanya tersedia di YouTube.)

Keberhasilan luar biasa dari video berdurasi 30 menit ini menunjukkan bagaimana entitas yang relatif tidak dikenal masih dapat membuat dampak global di media sosial dengan konten yang kuat dan strategi pemasaran yang cerdas.

Pelajaran apa yang dapat Anda petik dari keberhasilannya?

Pada Juli 2007, Mary Madden, Spesialis Riset Senior untuk Pew Internet & American Life Project, mengatakan, “Dewasa muda adalah ‘pembawa yang paling menular’ dalam penyebaran viral video online.”

Dan pada bulan Maret 2012, laporan baru tentang video viral KONY 2012 oleh Lee Rainie, Paul Hitlin, Mark Jurkowitz, Michael Dimock, dan Shawn Neidorf untuk Pew Research Center menemukan pola yang sama.

Menurut laporan Pew, mereka yang berusia 18 hingga 29 tahun jauh lebih mungkin mendengar banyak tentang video KONY 2012 daripada orang dewasa yang lebih tua. Dan mereka juga jauh lebih mungkin daripada orang dewasa yang lebih tua untuk mempelajarinya melalui media sosial, daripada sumber berita tradisional.

Selain itu, orang dewasa yang lebih muda dua kali lebih mungkin menonton video itu sendiri di YouTube atau Vimeo dibandingkan orang dewasa yang lebih tua. Jadi, ini juga harus menjadi audiens target Anda.

Pada Mei 2012, Paman Drew | Bab 1 | Pepsi Max menjadi viral. Menampilkan Kyrie Irving yang menyamar, video ini ditonton 57,7 juta kali dan keterlibatan 239.000.

Sekarang, video ini tidak terlihat seperti iklan, bukan? Dan menurut deskripsi video, “Pepsi MAX pergi ke permainan pick-up di Bloomfield, NJ, berpura-pura merekam film dokumenter tentang pemain bola basket bernama ‘Kevin.’ Ketika Paman Drew-nya masuk ke dalam permainan, beberapa hal ajaib terjadi. ”

Dan bahkan jika Anda bukan penggemar Brooklyn Nets, Anda dapat mempelajari beberapa pelajaran berguna, berharga, dan praktis tentang membuat sandiwara/lelucon parodi/komedi yang menjadi viral hanya dengan menonton Paman Drew.

Tahun 8: 29 Mei 2012 hingga 28 Mei 2013

Sekarang, saya menyadari bahwa Anda mungkin berpikir saya mengecualikan semua video musik dari daftar ini, tetapi jika Anda kembali dan membaca ulang apa yang sebenarnya saya katakan, itu hanya “mengecualikan video musik label besar”.

Mengapa saya meributkan apa yang dikecualikan?

Karena saya sangat, sangat ingin memasukkan video viral berikutnya dalam daftar ini. Ini PSY – GAYA GAGNAM (강남스타일) M/V.

Diunggah pada Juli 2012, video ini ditonton 4,1 miliar kali dan keterlibatan 27,2 juta.

Seperti yang dikatakan Kevin Allocca, manajer tren YouTube, dalam sebuah postingan di Blog Resmi YouTube, “Tahun ini, musik Pop Korea melampaui batas dan mengambil dunia dengan badai.”

Dan seperti yang ditambahkan Chris Atkinson dalam sebuah postingan di Tubular Insights, “Ini adalah hit besar yang memisahkan diri karena, ya, lagunya menarik, tetapi videonya memiliki semua yang Anda inginkan: kegilaan, gadis-gadis seksi, dan tarian yang funky.”

Di sisi lain, Sketsa Kecantikan Nyata Merpati | Anda lebih cantik dari yang Anda kira (3 menit) tidak menampilkan tarian yang funky.

Video yang mencerahkan ini menjadi viral pada April 2013 dan memiliki 69,6 juta penayangan dan 189.000 keterlibatan.

Seperti yang dijelaskan dalam deskripsi video, “Dalam salah satu film Dove paling terkenal, Real Beauty Sketches mengeksplorasi kesenjangan antara bagaimana orang lain memandang kita dan bagaimana kita memandang diri kita sendiri. Setiap wanita adalah subjek dari dua potret yang digambar oleh seniman forensik terlatih FBI Gil Zamora: satu berdasarkan deskripsinya sendiri, dan yang lainnya menggunakan pengamatan orang asing. Hasilnya mengejutkan…”

Mengapa video ini menjadi viral?

Yah, Susan Wojcicki, CEO YouTube, menulis op-ed di Adweek yang mengatakan,

“Iklan video ini tidak hanya menghasilkan tayangan, tetapi juga meninggalkan tayangan. Wanita usia 18-34 dua kali lebih mungkin untuk berpikir tinggi tentang merek yang membuat iklan yang memberdayakan dan hampir 80 persen lebih mungkin untuk menyukai, berbagi, berkomentar, dan berlangganan setelah menontonnya. Kami juga menjalankan studi ingatan iklan pada delapan kampanye di Papan Peringkat Pemberdayaan Iklan, dan semuanya tampil di 25 persen teratas kategorinya, dengan sebagian besar di 10 persen teratas.”

Wojcicki juga bertanya, “Jadi, jika iklan pemberdayaan sangat efektif, mengapa kita baru melihatnya sekarang?”

Dia berkata,

“Sebagian karena wanita dipanggil untuk beriklan kepada wanita. Terlepas dari kenyataan yang mengecewakan bahwa hanya 11 persen direktur kreatif adalah wanita, setengah dari materi iklan yang bertanggung jawab atas pemberdayaan iklan di Papan Peringkat kami adalah wanita. Dengan wanita diharapkan untuk mengendalikan dua pertiga dari pengeluaran konsumen di AS selama dekade berikutnya, agensi kreatif akan bijaksana untuk memberdayakan wanita tidak hanya dalam iklan video mereka tetapi juga dalam jajaran mereka sendiri.”

Tahun 9: 29 Mei 2013 sampai 28 Mei 2014

Ini adalah video musik lain yang tidak dibuat oleh label besar. Ini Ylvis – The Fox (What Does The Fox Say?) [Video musik resmi HD].

Diunggah pada September 2013, video ini memiliki 1 miliar tampilan dan 8,8 juta keterlibatan.

Sekarang, jika saya perlu mempertahankan penyertaan video musik ini, saya dapat merujuk ke pos Allocca di Blog Resmi YouTube, yang mencantumkan “ Apa yang si Rubah katakan?” sebagai Video Trending teratas untuk tahun 2013 alih-alih salah satu Video Musik Teratas tahun ini.

Mengapa video ini menjadi viral? Yah, itu menampilkan musik yang mungkin disukai anak-anak, orang-orang yang mengenakan kostum binatang, dan banyak tarian yang funky. Tapi, mungkin itu hanya kebetulan yang aneh.

Di sisi lain, dua video viral lainnya dari tahun kesembilan YouTube tidak menampilkan semua itu.

Yang pertama adalah GoPro: Backflip Over 72ft Canyon – Kelly McGarry Red Bull Rampage 2013. Diunggah ke saluran GoPro di YouTube 22 Oktober 2013, video olahraga ini menunjukkan Kelly McGarry membalik celah ngarai sepanjang 72 kaki di Red Bull Rampage 2013 untuk mendapatkan tempat ke-2.

Video ini memiliki 208 juta penayangan dan 2,4 juta interaksi.

Yang kedua adalah Ciuman PERTAMA. Seperti yang tertulis dalam deskripsi video, “Kami meminta 20 orang asing untuk berciuman untuk pertama kalinya…”

Diupload pada bulan Maret 2014, video ini ditonton 149 juta kali dan interaksi 666.000.

Inilah latar belakangnya: WREN, merek yang relatif tidak dikenal di luar lingkaran mode, menggemparkan industri ini, dan menunjukkan bagaimana merek kecil dengan sumber daya terbatas dapat menciptakan salah satu kampanye pemasaran yang paling banyak dibicarakan tahun ini.

Hanya sebulan setelah dirilis, First Kiss telah meningkatkan lalu lintas situs web sebesar 14.000% dan penjualan sebesar 13.600 persen.

Tidak buruk. Tidak buruk sama sekali.

Tahun 10: 29 Mei 2014 hingga 28 Mei 2015

Salah satu video viral dari YouTube tahun kesepuluh adalah Selalu #LikeAGirl.

Diupload pada bulan Juni 2014, video ini ditonton 69,7 juta kali dan keterlibatan 382.000.

Seperti yang dijelaskan dalam deskripsi video, “Menggunakan #LikeAGirl sebagai penghinaan adalah pukulan keras bagi gadis remaja mana pun. Dan karena sisa pubertas juga bukan piknik, mudah untuk melihat betapa besar pengaruhnya terhadap kepercayaan diri seorang gadis.”

Deskripsi juga mengutip Lauren Greenfield, pembuat film, dan sutradara video #LikeAGirl. Dia berkata, “Dalam pekerjaan saya sebagai seorang dokumenter, saya telah menyaksikan krisis kepercayaan di kalangan anak perempuan dan dampak negatif dari stereotip secara langsung.”

Dia menambahkan, “Ketika kata-kata ‘seperti seorang gadis’ digunakan untuk mengartikan sesuatu yang buruk, itu sangat melemahkan…. Saya senang menjadi bagian dari gerakan untuk mendefinisikan kembali ‘seperti seorang gadis menjadi afirmasi positif.’

Namun, Juli dan Agustus 2014 akan lama dikenang karena Ice Bucket Challenge, yang melibatkan menuangkan seember air es di atas kepala Anda untuk meningkatkan kesadaran akan ALS, juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig, dan untuk mendorong donasi untuk penelitian .

Salah satu video yang menjadi viral adalah Tantangan Ember Es ALS Bill Gates. Patut dicatat bahwa Gates menerima Tantangan Ember Es ALS dari Mark Zuckerberg.

Diunggah ke saluran Bill Gates di YouTube pada 15 Agustus 2014, video tersebut ditonton 37,1 juta kali dan 800.000 keterlibatan.

Perlu diperhatikan juga bahwa Ice Bucket Challenge telah mengumpulkan lebih dari $220 juta di seluruh dunia.

Video lain yang menjadi viral selama tahun kesepuluh YouTube adalah 10 Jam Berjalan di NYC sebagai Wanita.

Diunggah pada Oktober 2014 oleh Rob Bliss Creative, agensi video viral, video ini ditonton 50,4 juta dan 161.000 keterlibatan.

Video viral ini juga menghasilkan 448 video tanggapan, yang mendapat total 215 juta penayangan dan 2,5 juta keterlibatan.

Ini termasuk 10 Jam Berjalan di NYC sebagai Wanita Berhijab, yang mendapat 18,9 juta tampilan dan 238.000 keterlibatan. Dan, seperti yang telah kita semua ketahui, imitasi adalah bentuk sanjungan yang paling tulus.

Tahun 11: 29 Mei 2015 hingga 28 Mei 2016

Pada tahun kesebelas YouTube, perlu dicatat bahwa salah satu video yang menjadi viral adalah YouTube Rewind: Now Watch Me 2015 | #YouTubeRewind.

Merayakan video, orang, musik, dan gerakan yang membuat tahun 2015 berkesan, video tersebut menampilkan 89 bintang YouTube. (Kilasan membutakan dari yang sudah jelas: Ini adalah cara yang pasti untuk membantu video menjadi viral.)

Ini mendapat 154 juta tampilan dan 3,4 juta keterlibatan.

Dan sekarang untuk sesuatu yang sama sekali berbeda.

Siapa yang menyangka bahwa salah satu video yang menjadi viral selama tahun ini adalah Obama keluar:’ pidato makan malam koresponden Gedung Putih terakhir Presiden Barack Obama yang lucu .

Dan siapa yang mengira bahwa itu akan diunggah oleh Global News pada April 2015 dan terus mendapatkan 50,8 juta tampilan dan 566.000 keterlibatan?

Ini latar belakangnya: Saat Presiden Obama bersiap untuk meninggalkan kantor, dia tidak menahan diri dalam pidato terakhirnya di makan malam koresponden Gedung Putih, menembaki dirinya sendiri, Donald Trump, Hillary Clinton, Ted Cruz, Bernie Sanders, dan Justin Trudeau.

Obama berkata, “Jika materi ini bekerja dengan baik, saya akan menggunakannya di Goldman Sachs tahun depan. Dapatkan saya beberapa Tubman yang serius.”

Hei, ada banyak pelajaran yang dapat dipelajari oleh pembuat konten dan pemasar video dari orang ini. Tim kampanye kepresidenan Obama tahun 2008 dinobatkan sebagai #1 di Fast Company 50.

Majalah tersebut mengatakan, “Startup paling sukses tahun ini mengambil anak kurus dengan nama yang lucu dan mengubahnya menjadi merek nasional baru yang paling kuat dalam satu generasi.”

Fast Company menambahkan, “Tim ini telah membuat iri para pemasar baik di dalam maupun di luar politik karena membuktikan, antara lain, seberapa efektif inisiatif digital.”

Video lain yang menjadi viral pada bulan berikutnya telah mengubah lanskap video viral seperti yang kita ketahui. Diunggah oleh Candace Payne ke halaman Facebook-nya pada Mei 2016, video tersebut awalnya berjudul, “Ini adalah kebahagiaan sederhana dalam hidup…” Di sana, ia mendapat 180 juta penayangan dan 2,9 juta keterlibatan.

Kemudian, sebuah versi diunggah ke YouTube, yang diberi nama, LAUGHING CHEWBACCA MASK LADY (VIDEO LENGKAP). Di sana, ia mendapat 13 juta tampilan dan 158.000 keterlibatan.

Secara keseluruhan, 1.561 video wanita atau wanita “Topeng Chewbacca” diunggah ke YouTube (678), Facebook (458), Instagram (307), Twitter (117), dan Twitch (1).

Mereka mendapatkan total lebih dari 200 juta tampilan dan lebih dari 4,7 juta keterlibatan. Namun, bagian terbesar dari penayangan dan interaksi ada di Facebook, bukan YouTube.

Dan, pelajaran apa yang benar-benar dapat dipelajari oleh semua orang di industri video sosial?

Tidak lama setelah video Payne menjadi viral, Facebook mulai membuat menjadi “video pertama” pada Juli 2016, menurut USA Today.

Dan tak lama setelah itu, Mark Zuckerberg mulai membicarakan strategi “video first” Facebook pada bulan November tahun itu, menurut USA Today.

Proses menjadi viral mulai bermutasi ke arah yang tidak terduga. Kebetulan? Saya rasa tidak.

Tahun 12: 29 Mei 2016 hingga 28 Mei 2017

Hingga saat ini, pembuat konten YouTube mengandalkan imajinasi mereka untuk membuat konten hebat yang mungkin secara tak terduga mendapatkan respons psikologis yang intens seperti kebahagiaan, kegembiraan, kekaguman, inspirasi, kegembiraan, kehangatan, atau kejutan. Mereka ingin memicu motivasi pemirsa untuk tidak hanya menonton tetapi juga menyukai, mengomentari, dan membagikan video mereka.

Contoh yang bagus adalah Samsung India Service (SVC) – Video Paling Banyak Ditonton di 2017 – Kami akan menjaga Anda, di mana pun Anda berada.

Deskripsi video mengatakan, “Video ini menunjukkan kisah tentang bagaimana seorang insinyur muda Samsung yang tidak gentar menghadapi medan yang berat, menangani keluhan pelanggan di daerah perbukitan yang terpencil. Upayanya membantu memunculkan senyum di wajah sekelompok anak-anak, di mana Samsung Television mereka adalah media untuk merayakan momen spesial mereka.”

Diunggah ke saluran Samsung India pada 30 Desember 2016, video berdurasi empat menit ini memiliki 212 juta penayangan dan 217.000 keterlibatan.

Mulai saat ini, banyak (namun tidak semua) pembuat konten YouTube juga dapat memanfaatkan basis pelanggan yang besar yang telah dibangun oleh banyak (tetapi tidak semua) influencer YouTube selama bertahun-tahun.

Mereka dapat meminjam halaman dari buku pedoman pembuat konten YouTube, yang membagikan pengetahuan yang dikembangkan oleh generasi pembuat konten YouTube untuk mengembangkan strategi konten yang akan beresonansi dengan konsumen abad ke-21.

Dan hingga saat ini, pembuat konten YouTube mengandalkan iklan untuk memonetisasi penayangan dan keterlibatan mereka – awalnya menghasilkan lima digit per tahun, kemudian enam digit per tahun di YouTube.

Namun, mulai saat ini, banyak (namun tidak semua) influencer YouTube mulai membuat video bersponsor untuk merek, sering kali menghasilkan lebih banyak uang.

Misalnya, lihat Tembakan Trick Ping Pong 3 | Bung Sempurna.

Diunggah ke saluran YouTube Dude Perfect pada bulan April 2017, yang memiliki 56,2 juta pelanggan, video bersponsor untuk Oreo ini mendapatkan 308 juta penayangan dan 7 juta keterlibatan.

Hingga saat ini, video viral telah diunggah ke YouTube terlebih dahulu, kemudian dibagikan ke Facebook dan media sosial lainnya.

Namun mulai saat ini, banyak (tetapi tidak semua) video yang menjadi viral mulai diunggah ke kedua platform secara bersamaan.

Dan hingga saat ini, banyak video viral yang menampilkan kejayaan pribadi, bayi/anak kecil, parodi/komedi sandiwara/lelucon, menari/bernyanyi, binatang, atau perangkat kreatif lainnya.

Namun mulai saat ini, banyak (tetapi tidak semua) video dapat menjadi viral dengan memberikan tips, trik, dan peretasan yang berguna, berharga, dan praktis.

Misalnya, lihat Pandai dengan kekacauan Anda…dan 7 peretasan organisasi ini!

Diunggah ke halaman Facebook Blossom pada Mei 2017, yang memiliki 56,5 juta pelanggan, mendapat 451 juta tampilan, dan 16 juta keterlibatan.

Cerdas dengan kekacauan Anda...dan 7 peretasan organisasi ini! Tangkapan layar Halaman Facebook.

Tahun 13: 29 Mei 2017 hingga 28 Mei 2018

Kebutuhan untuk membangun basis pelanggan yang besar untuk meningkatkan kemungkinan video Anda “menjadi viral” telah mendorong beberapa (tetapi tidak banyak) merek untuk mulai bertindak seolah-olah mereka adalah perusahaan media.

Daripada membuat konten “pahlawan” sekali atau dua kali setahun, mereka mulai membuat konten “hub” sekali atau dua kali seminggu.

Apa itu konten “pahlawan”?

Yah, itu adalah jenis konten yang ingin Anda dorong ke audiens yang besar dan luas. Anda tahu, momen Super Bowl Anda. Sebuah merek mungkin hanya memiliki satu momen penting dalam setahun, seperti peluncuran produk atau acara besar-besaran industri.

Misalnya, YouTube terus membuat konten pahlawan karena terus berfungsi.

YouTube Rewind: Bentuk Tahun 2017 | #YouTubeRewind merayakan video, orang, musik, dan meme yang membuat tahun 2017 berkesan.

Begitu banyak pembuat konten ditampilkan dalam video sehingga deskripsi tidak dapat mencantumkan semua nama mereka. Video tersebut mendapatkan 238 juta penayangan dan 5,6 juta keterlibatan.

Konten hub, di sisi lain, adalah jenis konten yang Anda kembangkan secara teratur untuk memberikan perspektif baru tentang poin gairah target Anda. Konten ini diupload sekali atau dua kali seminggu.

Misalnya, lihat Pintu di Langit. Diunggah ke halaman Facebook Red Bull pada November 2017, yang memiliki 49 juta pelanggan, mendapat 264 juta tampilan dan 5,7 juta keterlibatan.

Cuplikan layar halaman Facebook Video Door in the Sky.

Tapi, itu hanya puncak gunung es.

Red Bull mengunggah 2.484 video ke halaman Facebook-nya dari 29 Mei 2017 hingga 28 Mei 2018.

Ia juga mengunggah 1.883 video ke akun Instagram-nya dan 581 video lainnya ke saluran YouTube-nya selama periode itu.

Dan 5.302 video ini mendapatkan total gabungan lebih dari 3,5 miliar penayangan (itu miliaran dengan “b”) dan 158,8 juta keterlibatan selama 365 hari.

Dan 106 dari video ini mendapatkan lebih dari satu juta penayangan dan 100.000 keterlibatan.

Ini adalah video viral menurut definisi siapa pun. Dan, rata-rata, Red Bull membuat lebih dari dua dari mereka dalam seminggu.

Ingin contoh konten hub Instagram? Kemudian, periksa @kingjames mengambilnya dan memenangkannya dengan Tissot Buzzer Beater! #ThisIsYourTime.

Diunggah ke akun Instagram NBA pada Mei 2018, yang memiliki 35,2 juta pelanggan, video bersponsor untuk merek jam tangan mewah Tissot ini mendapatkan 3,9 juta penayangan dan 807.000 keterlibatan.

Tangkapan layar LeBron James setelah tembakan kemenangan.

Tapi, kami hanya menggores permukaannya saja. NBA mengunggah 133 video bersponsor ke Instagram dari 29 Mei 2017 hingga 28 Mei 2018.

Ini juga mengunggah 170 video bersponsor ke Facebook dan dua video bersponsor ke YouTube, yang menghasilkan 267,4 juta penayangan dan 29,9 juta keterlibatan selama 365 hari.

Hanya 112 dari video bersponsor ini yang mendapatkan lebih dari satu juta penayangan dan 100.000 keterlibatan. Jadi, ini juga video viral menurut definisi yang kami gunakan.

Rata-rata, NBA membuat lebih dari dua dari mereka dalam seminggu. Dan jika Anda menganggap bahwa musim reguler dimulai pada akhir Oktober dan babak playoff berakhir pada awal Juni, video sponsor NBA akan menjadi viral sekitar tiga hingga empat kali seminggu saat pertandingan bola basket benar-benar dimainkan.

Tahun 14: 29 Mei 2018 hingga 28 Mei 2019

Ini membawa kita ke tahun terakhir yang saya tulis sekitar dua tahun lalu. Dalam artikel saya sebelumnya, saya mengajukan pertanyaan retoris: “Apakah Anda benar-benar membutuhkan video Anda untuk menjadi viral untuk menghasilkan hasil akhir-akhir ini?”

Dengan melihat 20/20, saya ingin meminta mulligan. Ternyata rumor kematian video viral sangat dilebih-lebihkan.

Misalnya, banyak pengamat industri – termasuk saya – salah mengira bahwa apa yang disebut dengan Facebook Apocalypse Januari 2018 menandakan kematian video viral di platform tersebut.

Hei, bahkan Adam Mosseri, yang saat itu menjabat sebagai Head of News Feed untuk Facebook, mengatakan pada saat itu, “Karena ruang di News Feed terbatas, menampilkan lebih banyak postingan dari teman dan keluarga dan pembaruan yang memicu percakapan berarti kami akan tampilkan lebih sedikit konten publik, termasuk video dan postingan lain dari penerbit atau bisnis.”

Namun, terlepas dari ramalan apokaliptik dari pengamat industri, 10 trik yang tidak Anda ketahui dapat Anda lakukan dengan makanan Anda!, yang diunggah ke halaman Facebook Blossom pada 18 September 2018, masih berhasil mendapatkan 489 juta tampilan dan 10,4 juta keterlibatan.

Meskipun konten ini tidak lagi tersedia, MetDaan Fashion memposting video berjudul, 10 trik yang tidak Anda duga dapat dilakukan dengan makanan Anda!, ke Facebook pada 9 April 2021.

Jadi, Anda bisa mengetahui mengapa genre konten ini menjadi viral.

Tangkapan layar halaman Facebook dari video 10 trik yang Anda tidak tahu bisa Anda lakukan dengan makanan Anda.

Sementara itu, 2019 ternyata menjadi tahun terobosan bagi TikTok. Misalnya, pada 19 Februari 2019, Caleb Cutler mengupload “Operasi Makanan” ke akun TikTok miliknya.

Videonya tentang operasi pisang menjadi viral dan mendapat 6,5 juta suka.

Tangkapan layar Tiktok dari video tentang operasi makanan.

Sementara itu, video kreator yang paling disukai tahun ini di YouTube dengan tepat berjudul, Jadikan Video Ini Sebagai Video Paling Disukai Di YouTube.

Diunggah oleh MrBeast pada 16 Januari 2019, video ini memiliki 90,6 juta tampilan dan 18,4 juta keterlibatan.

Sekarang, jika Anda berpikir bahwa TikTok telah memaksa saya untuk mengubah kriteria peringkat saya, maka Anda benar.

Peringkat (global) dari upaya kolektif ini untuk membuat video yang paling disukai di YouTube didasarkan pada “suka” pada video yang diupload pada tahun 2019, tidak termasuk video dari artis, merek, perusahaan media, dan konten anak-anak.

Hei, Ralph Waldo Emerson pernah menulis, “Konsistensi yang bodoh adalah hobgoblin dari pikiran-pikiran kecil.”

Selain itu, bersama dengan video pembuat konten yang paling disukai tahun ini, MrBeast juga memiliki salah satu video dengan tren teratas tahun ini, dan salah satu saluran YouTube yang paling banyak dilihat tahun ini, membuat kehadiran dan pengaruhnya tidak dapat diabaikan.< /p>

Dan, pada akhirnya, dia menggunakan pengaruh itu untuk menyatukan komunitas YouTube – melalui video tantangan amal, dan kolaborasi besar-besaran dari kreator, #TeamTrees.

Dalam minggu pertama peluncuran kampanye dengan Mark Rober, lebih dari 3.800 video diupload dengan tag #TeamTrees, saat pembuat konten di seluruh dunia bergabung dalam upaya mengumpulkan $20 juta untuk menanam 20 juta pohon.

Tahun 15: 29 Mei 2019 hingga 28 Mei 2020

Pada 9 April 2020, Departemen Kesehatan Ohio mengupload Flatten The Curve – Social Distancing Works ke halaman Facebook mereka .

Video mereka mendapatkan 123 juta penayangan dan 1,8 juta keterlibatan.

Screenshot Flatten the Curve – Social Distancing Bekerja di Facebook.

Pada 22 Mei 2020, Jordy Wilson mengunggah Gelombang angin ke akun outdoorkindaguy miliknya di TikTok. Menampilkan “Lose Control” oleh Meduza, Becky Hill, dan Goodboys, video viral tersebut mendapat 27,8 juta suka.

Tangkapan layar gelombang angin TikTok.

Seperti yang saya sebutkan di postingan saya, Video YouTube Tren Teratas 2020 Mendemonstrasikan Lebih Panjang Lebih Kuat, panjang rata-rata video YouTube tren teratas adalah 18:33 tahun lalu dan panjang median antara 15:43 dan 17:13.

Jadi, video berdurasi pendek mungkin merupakan objek yang bersinar terang, tetapi jangan hitung konten dengan bentuk yang lebih panjang.

Bahkan, video trending teratas #2 tahun lalu, Backyard Squirrel Maze 1.0- Ninja Warrior Course, berdurasi 21:39.

Deskripsi mengatakan, “Tupai mencuri benih burung saya, jadi saya memecahkan masalah dengan teknik mesin :)”

Diupload ke channel Mark Rober di YouTube pada 24 Mei 2020, video edukasi ini memiliki 76,8 juta penayangan dan 2,4 juta interaksi.

Tahun 16: 29 Mei 2020 hingga 28 Mei 2021

Perlu diperhatikan bahwa video trending teratas tahun 2020, 8:46 – Dave Chappelle, berdurasi 27:20.

Chappelle mengatakan dalam deskripsi video, “Biasanya saya tidak akan menunjukkan kepada Anda sesuatu yang begitu kasar, saya harap Anda mengerti.”

Ini bukan acara khusus, melainkan pembersihan dadakan atas perasaan dan pikiran yang disampaikan Chappelle selama pertunjukannya di Ohio pada 6 Juni 2020, tak lama setelah kematian George Floyd.

Diunggah ke Netflix Chappelle adalah saluran Joke di YouTube 11 Juni 2020, video mencerahkan ini memiliki 30,3 juta penayangan dan 997.000 keterlibatan.

Sementara itu, Bella Poarch resmi membuat video yang paling disukai di TikTok pada Agustus 2020.

Video sinkronisasi bibirnya, Bella melakukan M to the B, mendapat 50 juta suka hanya dengan memukulnya pergi ke “Soph Aspin Send” oleh Millie B.

Screenshot video TikTok Bella melakukan M to the B.

Tentu saja, video lelucon seperti SHE WAS SINBATHING (PARODY), terus populer dari tahun ke tahun keluar.

Diunggah oleh Julius Dein ke Facebook pada 16 Desember 2020, video ini berdurasi 3:17. Dan mendapatkan 733 juta tampilan dan 4,1 juta keterlibatan.

Contoh tangkapan layar video lelucon.

Pelajaran Apa yang Dapat Anda Pelajari dari 40 Video Paling Viral Sepanjang Masa?

Jadi, pelajaran berharga apa yang dapat diambil pembuat konten dan pemasar video dari memeriksa video yang telah menjadi viral selama beberapa tahun terakhir?

Banyak tren utama ditemukan pada Juli 2019 oleh Google/Insight Strategy Group, yang menanyakan 12.000 orang di seluruh dunia tentang apa yang telah mereka tonton dalam 24 jam terakhir.

Jawaban mereka dilaporkan dalam fitur interaktif di Think with Google berjudul, Apa yang ditonton dunia dalam sehari.

Para peserta, berusia 13 hingga 64 tahun, menonton berbagai macam konten, mulai dari media tradisional hingga video online.

Ini termasuk YouTube (78%), VOD Berlangganan (45%), Facebook (43%), TV kabel (39%), Instagram (33%), TV satelit (28%), situs web jaringan (28%) , dan Snapchat (12%).

Survei meminta orang untuk memilih alasan No. 1 mereka untuk menonton dari daftar 20 alasan dan menemukan hasil berikut:

  1. Membantu saya beristirahat dan bersantai.
  2. Mengajari saya sesuatu yang baru.
  3. Memungkinkan saya menggali lebih dalam minat saya.
  4. Membuatku tertawa.
  5. Berkaitan dengan passion saya.
  6. Menginspirasi.
  7. Membuatku melupakan dunia di sekitarku.
  8. Membuat saya tetap tahu.
  9. Mengatasi masalah sosial yang penting bagi saya.
  10. Memiliki kualitas produksi yang tinggi.
  11. Membantu saya menjadi efisien.
  12. Ada di jaringan atau platform yang saya suka.
  13. Mudah ditonton saat bepergian.
  14. Tidak membutuhkan perhatian penuh saya.
  15. Mengingatkanku akan hidupku.
  16. Membawa saya kembali ke waktu lain dalam hidup saya.
  17. Memiliki denyut nadi budaya.
  18. Dibuat oleh orang-orang seperti saya.
  19. Membuat saya merasa menjadi bagian dari komunitas.
  20. Memiliki aktor terkenal.

Di sana, Anda memiliki daftar panjang cara konten video dapat memanfaatkan minat dan hasrat pribadi audiens target Anda sebelum Anda masuk ke jaringan atau platform tempat video itu berada.

Dengan kata lain, konten tetap Raja. Platformnya – paling banter – seorang Baron.

Bahkan, kemampuan untuk membantu orang menggali minat mereka dua kali lebih penting daripada berada di jaringan atau platform pilihan. Dan itu empat kali lebih penting daripada menampilkan aktor terkenal.

Jadi, ya, tren di bisnis pemasaran video digital umumnya tidak bergerak lurus. Beberapa kecenderungan dan mode berubah. Gerakan dan hal-hal lain tidak. Dan tetap saja, perkembangan dan kegilaan lainnya tiba-tiba bergerak ke samping.

Namun, jika ada satu pelajaran menyeluruh yang dapat Anda pelajari dari meninjau 40 video viral teratas sepanjang masa, maka itu adalah: Buat konten yang layak dibagikan.

Ya, Anda dapat mengunggahnya ke berbagai platform.

Ya, Anda dapat membuatnya dalam format yang lebih panjang atau lebih pendek.

Dan, ya, pemirsa Anda dapat menontonnya di berbagai perangkat yang berbeda.

Jika Anda ingin banyak orang membantu video Anda menjadi viral dengan membagikannya kepada semua teman, keluarga, dan kolega mereka, buat konten yang membantu mereka bersantai dan melepas lelah, mengajari mereka sesuatu yang baru, memungkinkan mereka menggali lebih dalam minat mereka, membuat mereka tertawa, berhubungan dengan hasrat mereka, menginspirasi, membuat mereka melupakan dunia di sekitar mereka, membuat mereka tetap tahu, atau menangani masalah sosial yang penting bagi mereka.

Singkatnya, dua pertiga dari apa yang membuat video menjadi viral adalah konten yang mengungkapkan apa yang mereka sukai. Hanya sepertiga platform yang mereka sukai.

Nah, itulah pelajaran berharga yang patut dipelajari, baik Anda seorang pembuat konten atau pemasar video.

Sumber Daya Lainnya:

Kredit Gambar

Semua tangkapan layar diambil oleh penulis, Juni 2021


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik melihat viral

Cara melihat akun proplayer #mlbb #fyp #dayhelder #shorts #trending #viral #lemon

alt

  • Penulis: Odetteee
  • Tanggal posting: 2022-01-02
  • Peringkat: 4 ⭐ ( 7543 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Ingin Konten YouTube Kamu Jadi Viral? Ikuti 5 Cara Ini!

  • Penulis: blog.id.revu.net
  • Peringkat: 5 ⭐ ( 5221 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Ingin Konten YouTube Kamu Jadi Viral? – Menyadari banyak sekali YouTuber yang menjadi sukses. Sehingga semakin tinggi persaingan di dunia YouTube terkenal.

3 Cara mengetahui Berita yang lagi Viral

  • Penulis: www.mastimon.com
  • Peringkat: 3 ⭐ ( 1256 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Cara mengetahui berita yang lagi viral atau konten viral yang sedang dibicarakan masyarakat ternyata sangat penting. Apalagi untuk mereka yang menggunakan internet sebagai media berbisnis, konten viral bisa menjadi salah satu bagian dari internet marketing atau menemukan ide untuk mengisi artikel blog. Untuk mengetahui topik berita yang lagi viral ternyata bisa diketahui melalui indikator penelusuran keyword atau kata kunci

Cara Mencari Keyword Viral dan Trending di Google

  • Penulis: www.magelang1337.com
  • Peringkat: 5 ⭐ ( 6583 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pengunjung blog sepi? Sulit mendapatkan topik? Berikut beberapa cara mencari keyword viral dan trending di Google yang wajib dicoba

Cara Mudah Temukan Sumber Asli Gambar dan Video yang Viral di Media Sosial

  • Penulis: kumparan.com
  • Peringkat: 4 ⭐ ( 9671 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Sering terima gambar dan video yang meresahkan? Ini cara cek sumber aslinya. #kumparanTECH

INFO VIRAL

  • Penulis: lagivirals.blogspot.com
  • Peringkat: 4 ⭐ ( 6109 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Phasesmoon Com: Situs Baru & Cara Melihat Bulan Viral Tiktok

  • Penulis: www.rapikan.com
  • Peringkat: 5 ⭐ ( 1733 Peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Phasesmoon Com: Situs Baru & Cara Melihat Bulan Viral Tiktok – Kita tahu bahwa bulan mempunyai bentuk-bentuk yang beragam dalam setiap fasenya. Dan

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Cara Menginstal Linux, Sebuah Tutorial Lengkap - cara instal ulang linux